Resep masakan jawa lengkap mulai resep masakan jawa kuno, resep masakan jawa sehari hari, resep kue jawa, resep cara membuat masakan jawa

Resep Wajik Pandan Hijau

Wajik pandan hijau akan menjadi resep pilihan hari ini, sebelumnya di resep masakan jawa 13 telah menghadirkan resep wajik ketan gula merah. Bahan utama untuk membuat wajik pandan warna hijau ini adalah beras ketan putih yang kita rendam dalam air selama 3 jam. Kemudian pasti bunda ada yang bertanya, pewarna dari wajik pandan hijau ini terbuat dari apa, kami menggunakan bahan pewarna alami dari campuran daun suji dan daun pandan sehingga warna yang dihasilkan lebih alami dan kelihatan tampak cantik. Proses pembuatan dari wajik pandan hijau ini tidak memerlukan waktu yang lama kok, biasanya wajik pandan hijau ini dihidangkan saat ada selamatan atau yang lainnya. Keluarga anda akan menyukai kue tradisional atau jajanan yang anda buat ini.


Bahan wajik pandan hijau :

  • 300 gram beras ketan putih, kita rendam selama kurang lebih 3 jam
  • 75 ml air panas
  • 150 ml santan terbuat dari 1 butir kelapa
  • 4 lembar daun panda
  • 50 ml air daun suji ( dari campuran perasan 4 lembar daun pandan dan 40 lembar daun suji)
  • 1/4 sendok teh garam
  • 200 gram gula pasir
  1. Cuci beras ketan hingga bersih, lalu kukus beras ketan selama 40 menit, setiap 15 menit, perciki beras ketan dengan air panas sebanyak 50 ml.
  2. Kukus lagi dengan di perciki sisa air panasnya lalu aduk hingga rata.
  3. Rebus santan bersama dengan air daun suji, daun pandan, garam, gula pasir, aduk hingga rata, masak sambil di aduk aduk hingga mendidih.
  4. Kecilkan api lalu masukkan beras ketan, aduk aduk hingga beras ketan terserap ke dalam beras ketan sambil terus di aduk aduk.
  5. Setelah ketan empuk dan tidak lengket di wajan, masukkan ketan ke dalam loyang yang telah di alasi dengan daun pisang dan di oles dengan minyak, ratakan dan tunggu hingga dingin.
  6. Setelah dingin, baru potong potong sesuai selera dan sajikan.

Demikian resep cara membuat wajik pandan hijau yang sangat enak dan manis, semoga salah satu resep masakan jawa ini dapat bermanfaat bagi kita semua.
Tag : Kue
Back To Top